Mengapa Aku Gagal Donor Darah ke-5 Akibat Hemoglobin Rendah?

Mengapa Aku Gagal Donor Darah ke-5 Akibat Hemoglobin Rendah? - lusionams.com
Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels

Kemarin tepatnya hari Rabu, 21 September 2023 aku meniatkan diri ke PMI terdekat untuk donor darah. Berdasarkan aplikasi tracking menstruasi, Flo seharusnya aku sudah menstruasi beberapa hari lalu. Namun, karena faktor stress selama sebulan lebih membuat aku belum menstruasi.

Karena belum menstruasi, aku berinisiatif untuk donor darah. Terlebih tubuhku enggak menunjukkan gejala sindrom pramenstruasi kecuali mood yang mulai berubah-ubah. Gejala lain seperti sakit pinggang, perut keram, sakit kepala, dan lain-lain belum aku alami. Justru karena belum alami gejala lain yang buat aku berpikir bahwa siklus menstruasiku lebih panjang lagi.

Prediksi hari menstruasi dan jadwal donor darah memang berdekatan, aku seharusnya bisa donor darah pada tanggal 18 September 2023 dan tanggal segitu juga aku sudah seharusnya menstruasi.

Menjelang Menstruasi Mempengaruhi Hemoglobin

Hari di mana aku ke PMI, aku merasa yakin bahwa aku sehat. Terlebih tidurku selalu lebih dari 7 jam selama 3 minggu belakangan ini. Sayangnya, saat screening ternyata hemoglobinku 11,4 g/dL yang seharusnya 12,5 g/dL – 17 g/dL.

Kalau googling, hemoglobin rendah cenderung terjadi saat menstruasi. Pada saat menstruasi tubuh tidak dapat menyerap zat besi, sehingga mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengembangkan sel darah merah.

Hari itu aku belum menstruasi. Ternyata hari ini tepatnya pukul 03.55 ternyata aku menstruasi (Puji Tuhan).

Jadi, kemarin kadar hemoglobin rendah karena aku menstruasi hari ini dan itu wajar terjadi.

Kalau belum menstruasi rasanya deg-degan sendiri, apa ada penyakit di rahim yang enggak aku sadari.

Pentingnya Mengetahui Siklus Menstruasi dalam Proses Donor Darah

Melihat dari aplikasi tracking menstruasi memang seharusnya untuk enggak donor darah mendekati hari menstruasi meskipun merasa sehat atau enggak menunjukkan gejala sindrom pramenstruasi. Ada baiknya tunggu sampai menstruasi datang, lalu seminggu setelah menstruasi bisa donor darah.

Well, biarpun gagal donor darah seenggaknya aku menstruasi dan itu patut aku syukuri.

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Hai, terima kasih telah membaca dan berkomentar di postingan ini.