Rosemary Water vs Rosemary Oil: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan untuk Perawatan Rambut


Rosemary jadi bahan alami yang baru aku kenal awal tahun ini, iya persis Januari 2023. Setelah scroll konten di Tiktok tentang pertumbuhan rambut, akhirnya ketemu konten perihal rosemary water yang ternyata cukup lama dikenal banyak konten kreator Tiktok.

Tanaman Rosemary

Rosemary merupakan tanaman herbal yang biasa digunakan untuk menambah cita rasa masakan. Ternyata nggak cuma itu, rosemary juga bermanfaat untuk rambut karena memiliki kandungan antara lain:

  • Zat antioksidan: zat yang menunda atau mencegah kerusakan akibat radikal bebas, mencegah penuaan dini pada folikel rambut, dan menjaga kesehatan rambut.
  • Asam rosmarinic: kandungan yang bersifat antiseptik dan antiinflamasi, mengatasi masalah kulit kepala seperti gatal-gatal atau ketombe, dan mengurangi peradangan kulit kepala.
  • Carnosic Acid: memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang membantu menjaga kesehatan rambut dengan mengurangi peradangan dan menjaga sirkulasi darah, serta membantu pertumbuhan rambut yang lebih baik.
  • Caffeic Acid dan Rosmaridiphenol: memberikan efek stimulasi pada folikel rambut dan meningkatkan aktivitas pertumbuhan rambut.
  • Flavonoid: adanya sifat antioksidan dan melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat radikal bebas. 
  • Vitamin dan mineral: rosemary mengandung vitamin A, vitamin C, dan beberapa zat besi, magnesium, dan kalsium. Vitamin dan mineral berperan penting untuk menjaga kesehatan rambut, mencegah kerontokan rambut, dan menjaga kesehatan rambut, dan masih banyak lagi.

Manfaat Tanaman Rosemary untuk Rambut

Dengan adanya kandungan tersebut, rosemary menjadi bahan alami yang baik untuk perawatan rambut. Setelah ditelusuri lebih jauh, berikut beberapa manfaat yang didapatkan dalam penggunaan tumbuhan rosemary untuk rambut yaitu:

  • Mengurangi kerontokan rambut.
  • Meningkatkan pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel rambut.
  • Menyehatkan kulit kepala dengan adanya sifat antiinflamasi dan antibakteri.
  • Mencegah penuaan dini rambut karena adanya kandungan antioksidan.
  • Mengurangi ketombe sehingga menjaga kulit kepala tetap sehat.
  • Menambah kilau rambut.
  • Menyegarkan kulit kepala.
  • Mengontrol produksi minyak berlebih di kulit kepala.
  • Memperbaiki tekstur rambut dan kualitas rambut.
  • Memberikan relaksasi selama perawatan rambut karena aroma yang menenangkan.
Dalam penggunaannya, rosemary dapat digunakan dalam bentuk minyak yang dikenal dengan rosemary oil dan air yang dikenal sebagai rosemary water.

Rosemary Water

Rosemary water adalah cairan yang dihasilkan dari ekstraksi tumbuhan rosemary dengan menggunakan air. Rosemary water membantu untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga keseimbangan kulit kepala.

Untuk rosemary water, aku beli daun rosemary kering. Sebenarnya mau beli yang fresh tapi nggak bisa pengiriman beda kota, ternyata daun kering rosemary juga bisa untuk diolah jadi rosemary water.

Aku beli daun rosemary kering di sini: Link daun kering rosemary.

Cara Pembuatan Rosemary Water

Cara pembuatan rosemary water cukup mudah yaitu dengan mempersiapkan bahan yang diperlukan:
  • Daun rosemary segar (fresh) atau daun rosemary kering.
  • Air matang sekitar 500ml.
Langkah-langkah pembuatan rosemary water:

  • Cuci bersih daun rosemary dengan air mengalir.
  • Tuangkan daun rosemary ke panci dan panaskan selama 15-20 menit dengan api sedang.
  • Setelah dipanaskan kemudian biarkan daun rosemary terendam dan mendingin hingga suhu ruang.
  • Saring rosemary water menggunakan saringan halus untuk memisahkan daun rosemary dengan rosemary water.
  • Tuangkan rosemary water pada wada bersih seperti bottle spray atau root comb applicator bottle.
  • Rosemary water siap digunakan.
Rosemary water bisa disimpan kulkas pada refrigerator atau fridge selama 1 minggu dan pada freezer bisa 2-3 bulan. Namun, perlu untuk sering memeriksa keadaan rosemary water selama disimpan pada refrigerator atau fridge, kalau ada perubahan aroma dan warna sebaiknya dibuang dan buat yang baru.
Penggunaannya cukup disemprot ke kulit kepala secukupnya secara merata lalu dipijat. Rosemary water dapat digunakan 2x sehari setiap pagi dan malam.

Efek yang didapatkan dari penggunaan rosemary water tentunya lebih ringan, jadi perlu digunakan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Buat aku yang sudah pakai rosemary water semenjak Januari 2023 sampai postingan ini dipublikasi, tentunya mendapatkan manfaat yang diberikan. Sayangnya, untuk kondisi rambutku dengan low porosity hair perlu lebih banyak waktu untuk keringkan rambut yang setelah penggunaan rosemary water. Kondisi rambut yang lembap mengakibatkan rambutku mudah lepek, berketombe, dan gatal. Jadi, perlu lebih rajin untuk keringkan rambut.


Selain itu, karena rosemary water berperan untuk menumbuhkan rambut, namun selama aku menggunakan rosemary water malah mengalami kerontokan lebih banyak dari sebelum penggunaan rosemary. Meskipun belum menemukan jurnal yang meneliti mengenai kerontokan akibat penggunaan rosemary water, beberapa konten kreator Tiktok menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi karena percepatan proses kerontokan rambut sehingga tumbuh rambut yang baru dan lebih banyak lagi.


Aku juga pernah beberapa kali nggak menggunakan rosemary water. Pernah lebih dari seminggu dan nggak menghambat pertumbuhan rambut. Jadi, rambut tetap bertumbuh. Bisa dibilang, rosemary water berfungsi sebagai scalp care yang bisa dipakai setiap hari.


Awal pemakaian cukup buat aku stres karena harapan untuk rambut semakin bertumbuh kok malah makin rontok? Namun, sampai hari ini aku mulai bisa lihat hasil dari rambut baru yang tumbuh setelah fase kerontokan yang lebih cepat.


Selama penggunaan rosemary water aku punya jadwal untuk dokumentasi pertumbuhan rambut mulai dari pertama kali penggunaan rosemary water semenjak 26 Januari 2023 dan dilakukan setiap hari 1-2x dalam sehari hingga sekarang.


Kondisi rambut saat dokumentasi biasanya beberapa hari setelah keramas, jadi bukan kondisi rambut terbaik. Rambut aku juga udah nggak menyentuh catokan, ikat rambut pakai karet, dan nggak sering menyisir. Dokumentasi di atas hanya menggunakan rosemary water, selama keramas tetap pakai hair oil dari extra virgin coconut oil dan olive oil tapi belum pakai rosemary oil sama sekali.

Meskipun hanya menggunakan rosemary water selama 3 bulan pemakaian, namun rambutku rasanya lebih cepat bertumbuh daripada sebelumnya. Permasalahan rambutku dari dulu memang rambut yang lambat tumbuhnya. Mungkin untuk beberapa orang pertumbuhan rambutku dari hasil dokumentasi sebelumnya biasa aja, tapi hasil yang aku rasa bukan sekadar tambah panjang, beberapa bald spot dan hair line yang merenggang mulai bertumbuh. Sayangnya, aku nggak kepeikiran untuk dokumentasi dari awal.


Dari pengalamanku kalau mengandalkan rosemary water untuk mempercepat pertumbuhan rasanya nggak begitu cepat, mengingat rosemary water memang bahan alami. Tapi, untuk menumbuhkan baby hair cukup ngaruh, asalkan rajin.

Kelebihan Rosemary Water

  • Tekstur air yang ringan sehingga mudah diserap kulit kepala.
  • Memberikan sensasi menyegarkan dan mengurangi ketombe atau gatal jika dikeringkan dengan benar.
  • Mengontrol produksi minyak dikulit kepala sehingga rambut terlihat lebih segar (tentunya jika rambut dikeringkan dengan benar).
  • Bisa digunakan 2x dalam sehari dan setiap hari.

Kekurangan Rosemary Water

  • Efek yang lebih ringan sehingga perlu konsistensi dalam penggunaan.
  • Bertahan beberapa hari di suhu dingin dan perlu memperhatikan perubahan rosemary water setiap hari agar masih layak dipakai.
  • Berpotensi mengakibatkan ketombe, jika rambut kurang kering.
  • Mengalami kerontokan lebih banyak pada penggunaan 2-4 bulan pertama.
Selain rosemary water, ada juga rosemary oil sebagai alternatif perawatan rambut menggunakan tumbuhan rosemary.

Rosemary Oil

Rosemary oil adalah minyak esensial yang diekstraksi dari daun tumbuhan rosemary yang menghasilkan minyak dengan kandungan kuat. Karena esensial oil adalah minyak alami yang sangat kuat, maka rosemary oil nggak bisa langsung digunakan secara langsung ke kulit kepala.

Penting untuk mengencerkan (dilute) terlebih dahulu dengan carrier oil (minyak pengencer alami). Efek samping dari penggunaan rosemary oil tanpa pengenceran akan menyebabkan iritasi untuk beberapa orang dengan kulit sensitif.

Untuk minyak pengencer alami bisa menggunakan minyak apa pun yang disesuaikan dengan porositi dan permasalahan rambut. Kalau aku, pernah coba ekstra virgin coconut oil, olive oil, dan castor oil saat rambut pada fase high porosity.

Untuk low porosity aku gunain sunflower oil dan coconut oil untuk dilute rosemary oil.
Komposisi yang aku gunain untuk 100 ml oil yaitu:
Rosemary oil: 3.85% dari 100 ml = 3.85 ml
Sunflower oil: 64.10% dari 100 ml = 64.10 ml
Coconut oil: 32.05% dari 100 ml = 32.05 ml

Aku beli rosemary oil di sini : Link rosemary Oil.

Cara Mencampurkan Rosemary Oil dengan Carrier Oils

Dari beberapa konten Tiktok yang aku tonton dan artikel yang aku baca sejauh ini kesimpulan yang aku dapat:

  • Campurkan 5 tetes rosemary oil dengan 10 ml carrier oil.
  • Oleskan ke kulit kepala dan batang rambut secara merata secukupnya.
  • Pijat kulit kepala selama 5 menit dengan menggunakan jari atau scalp massager.
  • Tutup rambut dengan shower cap atau plastik selama minimal 30 menit.
  • Cuci rambut dengan sampo sebanyak 2x dan bisa lanjut menggunakan rangkaian hair care sesuai permasalahan rambut.

Selain itu, rosemary oil bisa juga digunakan pada sampo, kondisioner, dan masker dengan mencampurkan sebanyak 3-5 tetes.


Rosemary oil bisa digunakan untuk semua jenis rambut, tapi penting untuk keramas 2x setelah gunakan hair oil apa pun untuk menghilangkan kelebihan minyak pada rambut dan membersihkan kotoran, debu, dan residu produk rambut yang menempel pada kulit kepala dan rambut.


Keramas cuma sekali setelah hair oiling biasanya nggak memberikan akibat secara langsung. Namun, keramas yang dilakukan hanya sekali berakibat adanya sisa minyak yang belum terserap oleh rambut yang membuat rambut terasa berat atau berminyak, kulit kepala terasa nggak segar, rentan terkena masalah iritasi kulit kepala atau ketombe, dan kurang seimbangnya kelembapan rambut.


Hair oiling dengan rosemary oil tentunya sama seperti hair oil lainnya yang perlu waktu dalam proses dan menunggu hasilnya. Biarpun keuntungan yang didapat begitu banyak, nggak sedikit juga orang yang merasa hair oling adalah kegiatan yang cukup makan waktu dan ribet.



Penggunaan rosemary oil semenjak 21 April 2023 dan penggunaannya aku lakukan setiap seminggu sekali.


Rosemary oil yang baru 4x pemakaian hingga tulisan ini dipublikasi ternyata jauh lebih cepat pertumbuhannya. Untuk baby hair dan bald spot yang sebelumnya masih tipis-tipis pertumbuhannya mulai tumbuh lebih cepat. Sayangnya (lagi), aku nggak dokumentasi hair line yang sekarang mulai bertumbuh menjadi poni baru. Kalau rosemary oil memang lebih cepat terlihat hasilnya apalagi aku keramas hanya sekali seminggu dan rambutku memang lambat pertumbuhannya.

Kelebihan Rosemary Oil

  • Membantu pertumbuhan rambut lebih cepat dan mengurangi kerontokan rambut lebih baik daripada hair oil lain.
  • Mengatasi masalah kulit kepala seperti ketombe.
  • Memiliki konsentrasi yang lebih tinggi sehingga, sehingga memberikan manfaat yang lebih kuat untuk permasalahan rambut.
  • Bisa mengencerkan dengan minyak alami apa pun yang cocok dengan kondisi rambut dan kulit kepala.
  • Digunakan cukup 2-3x dalam seminggu setiap deep oiling sebelum keramas.

Kekurangan Rosemary Oil

  • Menyebabkan iritasi untuk kulit kepala yang sensitif karena konsentrasi yang tinggi apabila tidak diencerkan dengan carrier oil.

Permasalahan rambut yang cukup lama aku alami mulai dari rambut yang lama bertumbuh hingga mengalami kerontokan akibat virus Covid-19 pada Januari 2022 menjadi keresahan aku selama satu tahun belakangan.

Tentunya sebelum kenal rosemary, aku tetap melakukan kegiatan hair oiling dan konsumsi vitamin yang mendukung pertumbuhan rambut. Sayangnya sejauh usaha yang aku lakukan saat itu hanya dapat mengurangi kerontokan, namun pertumbuhan rambut menurutku masih terhitung lambat, nggak seperti sebelum terkena virus Covid-19.

  • Penggunaan berlebihan menyebabkan ketidakseimbangan produksi minyak di kulit kepala sehingga rambut menjadi terlalu berminyak atau terlalu kering.
  • Memakan waktu minimal 30 menit untuk melakukan deep oiling, untuk beberapa orang mungkin dirasa memakan waktu.
Hasil dari rambutku nggak secepat orang-orang yang upload konten di Tiktok, apalagi perasaan sedih karena mengalami kerontokan yang lebih banyak saat awal penggunaan rosemary water. Seenggaknya rambut lebih cepat tumbuh daripada sebelumnya yang cuma andalkan hair oiling biasa dan kesabaran yang panjang.

Selama penggunaan rosemary oil dan rosemary water beberapa bulan belakangan ini, hasil yang aku dapatkan yaitu:
  • Mempercepat pertumbuhan rambut terlebih di bagian hair line.
  • Mengurangi kerontokan setelah 4 bulan pemakaian.
  • Rambut lebih berkilau.
  • Mengurangi ketombe jika mengeringkan rambut dengan benar.
  • Menyehatkan kulit kepala karena nggak membuat kulit kepalaku yang tipe kering menjadi semakin kering.
  • Mengontrol produksi minyak dengan baik sekalipun aku workout 5x dalam seminggu dan keramas seminggu sekali.
Manfaat yang aku dapatkan tentunya karena konsisten dalam penggunaan rosemary oil dan rosemary water, selain itu aku berhenti dari penggunaan catokan terakhir Desember 2022 saat wisuda dan berhenti mengikat rambut semenjak Mei 2018 yang aku ganti dengan jedai/jeday.

Rosemary oil aku beli di toko oren, nggak ada merk tertentu. Kebetulan dari toko oren pada saat itu aku temu di toko Apotles Essential dengan ukuran 10 ml. Sedangkan untuk rosemary water yang aku gunakan yaitu  dried rosemary water yang aku beli di toko oren juga dari toko Granology.

Untuk hair oil sebenarnya semua hair oil bermanfaat untuk rambut, terpenting disesuaikan dengan kebutuhan dan tipe porositi rambut. Karena nggak semua minyak alami cocok untuk rambut. Jadi, rosemary oil sebagai penambah manfaat untuk hair oil yang biasa digunakan ke rambut dan carrier oil membantu dalam pengenceran, meningkatkan penyerapan, mempermudah aplikasi rosemary oil, mencegah iritasi, dan mengurangi risiko penggunaan berlebihan.

Meskipun rosemary oil punya banyak manfaat yang bagus untuk rambut, namun setiap individu memiliki respons yang berbeda. Kalau kamu memiliki masalah kulit kepala atau alergi, baiknya untuk konsultasi ke dokter atau lakukan patch test (tes kepekaan) sebelum menggunakan rosemary oil.

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Hai, terima kasih telah membaca dan berkomentar di postingan ini.