Manfaat Hair Bonnet untuk Kesehatan dan Kondisi Rambut: Pengalaman 9 Bulan

Pengalaman Menggunakan Hair Bonnet Setiap Tidur Selama 9 Bulan

Apa Itu Hair Bonnet?

Hair bonnet adalah penutup kepala yang dibuat untuk digunakan saat tidur guna melindungi rambut dari gesekan dengan bantal. Hair bonnet biasa terbuat dari kain satin atau sutra.

Hair bonnet sering kali digunakan oleh orang yang memiliki tekstur rambut keriting. Penggunaan hair bonnet oleh orang yang memiliki tekstur rambut keriting bertujuan untuk menjaga gaya rambut agar bertahan lama dan tetap di tempatnya. Meskipun sering digunakan oleh orang dengan rambut yang keriting, penggunaan hair bonnet bisa digunakan oleh semua jenis rambut.

Manfaat Hair Bonnet

Meskipun penggunaan hair bonnet dikenal untuk menjaga gaya rambut, namun hair bonnet memiliki banyak manfaat antara lain:

1. Mencegah Kusut

Saat tidur sering kali kita tanpa sadar menggerakkan kepala tidak beraturan, hal ini membuat rambut bergesek dengan sarung bantal atau seprai. Menggunakan hair bonnet dapat melindungi rambut dari gesekan karena hair bonnet tidak menimbulkan gesekan pada rambut yang menyebabkan rambut berantakan atau Kusut saat tidur.

2. Mempertahankan Kelembapan Rambut

Hair bonnet dengan kain satin atau kain sutra tidak menyerap air atau minyak seperti halnya kain dengan bahan katun yang sering digunakan pada sarung bantal atau seprai. Penggunaan hair bonnet dapat menahan minyak alami pada rambut sehingga rambut kelembapan alami rambut dapat bertahan lama.

3. Mencegah Rambut Bercabang

Rambut yang bergesekan dengan sarung bantal atau seprai berpotensi menyebabkan rambut bercabang. Penggunaan hair bonnet dapat mencegah terjadinya gesekan karena kain yang digunakan untuk hari bonnet seperti satin atau sutra tidak membuat terjadi gesekan pada rambut.

4. Mencegah Ketombe

Penggunaan hair bonnet dapat menjaga kulit kepala tetap ternutrisi dan lembap sepanjang malam. Jika menggunakan hair bonnet maka kulit kepala akan  lembap sehingga  dapat mencegah ketombe.

5. Melindungi Gaya Rambut

Rambut yang sudah tertata sebelum tidur pastinya ingin tetap rapi sampai besok. Menggunakan hair bonnet setelah styling rambut dapat menjaga tatanan rambut tetap pada tempatnya agar tidak bergesekan dengan sarung bantal atau seprai. Terlebih untuk kamu yang suka heatless styling seperti kepang dan untuk rambut keriting yang sudah membentuk pola keriting agar teratur.

Apakah Harus Menggunakan Hair Bonnet?

Penggunaan hair bonnet itu bukan keharusan, tergantung preferensi pribadi. Jika sarung bantal dan seprai yang kamu gunakan berbahan satin atau sutra, maka kamu tidak perlu menggunakan hair bonnet karena manfaatnya yang sama.

Namun, jika kamu ingin melindungi gaya rambut atau menjaga bantal tetap bersih dari produk maka sarung bantal saja enggak cukup.

Perubahan yang Dirasakan Setelah Menggunakan Hair Bonnet

Aku memutuskan menggunakan hair bonnet semenjak 1 Januari 2023 karena aku memiliki rambut yang kering dan mudah bercabang. Hair bonnet yang aku gunakan berbahan satin. Pertimbangan aku saat menggunakan hair bonnet adalah jenis kain, bentuk hair bonnet, dan harga.

Setelah melakukan penelusuran lebih jauh akhirnya aku memutuskan membeli hair bonnet di salah satu toko online di Shopee. Linkpembelian di sini.

Jadi, selama 9 bulan lamanya penggunaan berikut beberapa manfaat yang aku rasakan:

1. Rambut jadi sedikit bercabang karena enggak lagi bergesekan dengan sarung bantal atau seprai. Jadi, aku yang biasa memotong ujung rambut sebulan sekali, sekarang aku memotong cukup 3-4 bulan sekali karena rambutku hampir enggak ada lagi yang bercabang.

2. Rambut terhidrasi bahkan setelah 4 hari enggak keramas. Hal ini jarang bahkan hampir enggak pernah aku alami karena memang rambutku kering. Penggunaan hair bonnet sangat menjaga kelembapan rambutku agar enggak mudah kering.

3. Rambut enggak mudah rontok dan enggak kusut karena enggak terjadi gesekan selama penggunaan hair bonnet. Ini cukup membantuku untuk enggak terlalu sering sisir rambut.

Tiga manfaat yang aku sebutkan cukup mewakili manfaat hair bonnet secara umum. Sebagai pemilik low porosity hair, aku sangat terbantu dengan hair bonnet. Harga memang agak mahal, namun sampai hari ini hair bonnet yang aku gunakan masih bagus. Perawatan hair bonnet juga enggak sulit, cukup disesuaikan dengan jenis bahan hair bonnet.


Referensi:

What Is A Hair Bonnet? by The Frenshe

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Hai, terima kasih telah membaca dan berkomentar di postingan ini.