4 Cara Mudah Mengetahui Jenis Kulit Kepala

4 Cara Mudah Mengetahui Jenis Kulit Kepala - lusionams.com

 

Ketika membahas mengenai perawatan diri, tidak ada aturan baku yang berlaku bagi semua orang.

Lipstik yang terlihat cantik dan menarik di orang lain belum tentu cocok di bibir kamu, karena ada faktor lain yang menentukan hasil akhir warna lipstik yaitu warna kulit yang berbeda. Hal demikian juga berlaku saat menggunakan serum yang bermanfaat untuk mengatasi kulit kusam, meskipun bagi kulitmu terlihat hasilnya namun belum tentu berhasil di orang lain. Setiap orang memiliki masalah dan kebutuhan yang berbeda dalam perawatan diri.

Konsep ini juga berlaku dalam hal merawat rambut. Seperti kulit yang memiliki berbagai jenis, kulit kepala juga memiliki jenis yang berbeda yaitu normal, berminyak, dan kering. Penyebab setiap orang memiliki jenis kulit kepala yang berbeda mulai dari faktor genetik, produksi sebum, faktor lingkungan, kebiasaan perawatan rambut, usia, faktor kesehatan, gaya hidup, dan nutrisi. 

Cara Menentukan Jenis Kulit Kepala

Hal terpenting dalam merawat rambut secara efektif yaitu dengan mengetahui jenis kulit kepala. Kulit kepala normal, kering, dan berminyak memiliki cara dan kebutuhan perawatan yang berbeda. Berikut beberapa cara mudah untuk mengetahui jenis kulit kepala kamu:

Pemantauan Frekuensi Mencuci

Perhatikan seberapa sering kamu mencuci rambut. Jika kamu harus mencuci rambut setiap satu atau dua hari sekali agar menghindari rambut terlihat berminyak, artinya kamu memiliki kulit kepala berminyak.

Jika kamu hanya perlu mencuci rambut seminggu sekali atau jarang mencuci karena tidak merasa rambut berminyak, maka kamu pemilik kulit kepala jenis kering.

Jika selama tiga hari atau lebih kamu merasa nyaman dan kulit kepala tidak terasa berminyak, artinya kamu memiliki jenis kuli kepala normal.

Tes Tisu

Menggunakan tes kertas tisu untuk mengetahui seberapa berminyak kulit kepalamu. Caranya cukup mudah, tempelkan selembar tisu di kulit kepala pada bagian yang cenderung berminyak, seperti bagian depan atau belakang kepala.

Tempelkan selama beberapa detik, lalu angkat. Lihat seberapa banyak minyak yang terserap pada tisu. Jika tisu menunjukkan banyak minyak, maka kamu memiliki kulit kepala yang berminyak.

Jika tisu yang ditempelkan hampir tidak menunjukkan minyak atau kelembapan sama sekali, maka kamu memiliki jenis kulit kepala kering.

Jika tisu menunjukkan sedikit minyak, tetapi tidak terlalu banyak, dan kulit kepala terlihat nyaman, maka kamu memiliki kulit kepala normal.

Kondisi Kulit Kepala

Hal sederhana untuk mengetahui jenis kulit kepala yaitu dengan memperhatikan kondisi kulit secara visual dan perasaan yang kamu rasakan.

Kulit kepala berminyak cenderung terasa gatal dan terlihat berminyak bahkan setelah dicuci.

Kulit kepala kering cenderung terasa kencang, kering, bersisik, mengelupas, sering muncul ada ketombe, terasa gatal, dan tidak nyaman.

Kulit kepala normal terlihat seimbang, tidak berminyak atau kering, tidak ada ketombe, tidak ada sensasi gatal, terlihat bersih, dan sehat.

Kondisi Ketebalan Rambut

Kulit kepala berminyak biasa dimiliki oleh rambut yang terlihat tebal karena ada banyak minyak alami yang berlebih di kulit kepala sehingga menyebabkan rambut terlihat lepek dan kurang bervolume serta sulit diatur.

Kulit kepala yang kering biasa dimiliki oleh rambut yang tipis karena kekurangan kelembapan sehingga rambut kurang bervolume dan terlihat kusut.

Kulit kepala normal memiliki ketebalan rambut yang seimbang dan terlihat sehat karena rambut terasa kuat dan tidak mudah patah.

Dengan mengetahui cara menentukan jenis kulit kepala, kamu dapat memiliki gambaran yang lebih jelas tentang jenis kulit kepala yang kamu miliki. Mengetahui jenis kulit kepala tentunya akan mempermudah kamu untuk merawat rambut secara keseluruhan karena disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu. Jika kamu memiliki masalah kesehatan kulit kepala yang serius, sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mengatasi masalah kulitmu.

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Hai, terima kasih telah membaca dan berkomentar di postingan ini.