KKN Selama 3 hari di Desa Sinaresmi: Pengalaman di Masa Pandemi COVID-19

Semester 7 menjadi semester dengan kegiatan yang lebih padat daripada semester lain, terlebih di masa pandemi Covid-19 banyak kegiatan yang jadi terhambat atau malah enggak bisa berjalan sama sekali.

Salah satu kegiatan yang masih terus berjalan namun agak terhampat yaitu KKN (Kuliah Kerja Nyata). Setelah rebutan judul kegiatan KKN sekaligus memilih kelompok, akhirnya aku mendapatkan kelompok KKN. Pemilihan judul KKN lumayan menguras pikiran karena harus di depan laptop dahn memastikan jaringan bagus. Rasanya seperti war tiket konser (walaupun belum pernah ngonser).

Belum lagi rencana untuk bisa sekelompok dengan teman-teman dekat yaitu Piwa, Opal, dan Nadiya.

Kelompok KKNku dominan mahasiswa fakultas hukum sebanyak 15 orang, 2 orang lainnya dari FISIP, dan 1 orang dari FAPERTA.

Dari sekian banyak penempatan kegiatan KKN, kelompok yang aku pilih melakukan kegiatan KKN di Desa Sinaresmi.

Desa Sirnaresmi adalah desa di kecamatan Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat. Terpilhnya Desa Sinaresmi karena sebelumnya Shavira (Vira), teman dekatku sekaligus teman sekelas pernah menceritakan Desa Sinaresmi saat mata kuliah Hukum Adat. Cerita dari cukup menarik perhatian dosena kami dan akhirnya mengajukan lokasi Desa Sinaresmi sebagai desa yang akan diakaan kegiatan KKN.

Persiapan Sebelum KKN di Desa Sinaresmi

Persiapan untuk bisa berada di Desa Sinaresmi selama 3 hari cukup panjang. Koordinasi kami dengan pihak Desa Sinaresmi yang diwakilkan oleh Vira dan beberapa rekan KKN serta Dosen Pendamping Lapangan (DPL).

Keberangkatan Menuju Desa Sinaresmi

Kami dijadwalkan berkumpul pukul 7 pagi di salah satu pintu masuk perumapahan yang ada di dekat kampus. Aku yang memang beda kota dari kampus jadi berangkat lebih dulu dan sampai lebih dulu.

Kelompok yang aku pilih pun ya kerja sama yang baik walaupun enggak ada yang sempurna. Semua bisa disiapkan mulai baik, bahkan bisa mendapatkan jasa sewa mobil ELF dengan harga terjangkau. Karena semua koordinasi dominan dilakukan secara online, menurutku semua berjalan baik.

Selama berangkat tentunya tangan kami enggak terlepas dari hp masing-masing, karena selama kegiatan KKN berlangsung kami masih ada kelas yang dilakukan secara daring. Syukurnya enggak ada kegiatan presentasi.

Kegiatan Program Kerja KKN di Desa Sinaresmi

KKN tentunya membawa beberapa program kerja yang akan dilaksanakan. Kelompok KKN kami merencanakan tiga program kerja yang yang dilaksanakan yaitu:

Sosialisasi Penyelesaian Sengketa Adat dan Hukum Perlindungan Anak

Sosialisasi penyelesaian sengketa adat dan hukum perlindungan anak dipimpin langsung oleh DPL kami. Sosialisasi ini bertujuan agara warga kasepuhan Sinaresmi sadar akan cara penyelesaian sengketa adata dan mengenal hukum perlindungan anak.

Edukasi Sumpah Pemuda

Hari ini bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda yaitu pada tanggal 28 Oktober. Kelompok kami memberikan edukasi terhadap murid SD hingga SMP mengenai Sumpah Pemuda. Kegiatan diakhiri dengan bermain bersama dengan murid yang hadir pada saat itu.

Sosialisai Pembuatan Pupuk Organik dari Sampah Rumah Tangga dan Pembuatan Tanaman Hidroponik

Kegiatan terakhir yang berlangsung saat sore hari di tengah hujan deras ini dihadari oleh Kelompok Ibu Bertani di Desa Sinaresmi. Karena salah satu anggota kelompok berasal dari FAPERTA, jadi ada yang memimpin langsung kegiatan untuk pembuatn pupuk organik dari sampah rumah tangga dan pembuatan tanaman hidroponik.

Semua kegiatan berlangsumng dengan baik dan tetap memperhatikan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Hai, terima kasih telah membaca dan berkomentar di postingan ini.