5 Alasan yang Membuat Aku Berhenti Catok Rambut

5 Alasan yang Membuat Aku Berhenti Catok Rambut - lusionams.com
Foto oleh Polina Tankilevitch dari Pexels


Catok Rambut: Kebiasaan yang Membahayakan?

Catok rambut (hair straightener) adalah alat styling rambut elektronik yang cukup populer. Catok rambut memiliki fungsi utama untuk meluruskan rambut. Selain itu catok rambut bisa digunakan untuk mengeriting atau membuat rambut bergelombang.

Sebagai alat styling elektronik yang berfungsi untuk menghasilkan gaya rambut yang berbeda tentunya menggunakan suhu yang cukup panas. Namun, penggunaan catok rambut secara berlebihan memiliki dampak yang cukup merugikan bagi rambut dan kulit kepala.

Catok rambut sebagai alat styling yang populer tentunya membuatku ingin mencoba dan memilikinya. Semenjak SMA atau sekitar tahun 2015 aku sudah mulai mengenal catok rambut. Aku pernah membeli alat catok, mulai dari yang sembarangan aku beli tanpa memikirkan jenis plat catok dan mudah rusak, sampai aku membeli alat catok yang cukup bagus bahan platnya dan harga yang aku jangkau.

Alasan Aku Harus Berhenti Mencatok Rambut

Mengenal catokan rambut semenjak SMA dan menjadi pengguna aktif semenjak kuliah yaitu tahun 2018. Saat SMA memang aku jarang mencatok karena aku harus mengikat rambut dan aku belum punya basic hair care yang kuat.

Selama kuliah dari September 2018 sampai awal Maret 2020 aku sering menggunakan catokan. Setiap selesai keramas, keringkan, dan mencatok. Kebiasaan itu sering aku lakukan selama berkuliah dan istirahat dari catokan saat libur semester.

Mencatok yang aku lakukan tentunya untuk merapihkan rambut yang mengembang, biasanya aku curly ujung rambut dan menggunakan jedai agar lebih tahan lama setelahnya. Aku biasa mencatok 2x dalam seminggu dan selalu begitu selama berkuliah.

Suhu yang aku gunakan selama mencatok juga cukup tinggi, sekitar 220°C. Cukup tinggi dan tentunya rambutku enggak sesehat itu. Nyatanya apa yang mau diharapkan dari rambut yang sering kena alat styling panas?

Pandemi Covid-19 membuatku berhenti total dari mencatok karena memang enggak pergi ke mana-mana. Pernah beberapa kali mencatok karena aku menghadiri undangan teman, selebihnya aku enggak mencatok sama sekali. Tentunya basic hair careku belum cukup kuat.

Rambut yang terlalu sering dicatok dan akhirnya terjadi perubahan rambut yang cukup membuat aku risih dengan rambut selama mencatok. Berikut beberapa alasan aku berhenti mencatok rambut:

1. Rambut Menjadi Kering

Penggunaan catokan rambut dengan suhu panas sering kali mengeluarkan asap. Sebenarnya itu adalah uap, bukan asap. Alat catokan rambut bekerja dengan menyerap semua kelembapan rambut agar dapat mengubah bentuk rambut alami sehingga dapat berbentuk dan bertahan lama. Itulah mengapa rambut kembali seperti semula setelah dicuci, karena rambut kembali lembap. Selain itu, menggunakan catok rambut dapat menghilangkan minyak alami pada rambut, sehingga rambut menjadi kering dan rapuh.

2. Rambut Menjadi Bercabang

Rambut yang sering terkenal catokan membuat rambut menjadi bercabang karena minyak alami yang menghilang. Jika dilihat secara langsung maka terlihat rambut mulai patah dan hal ini membuat rambut enggak terlihat sehat.

3. Rambut Menjadi Rontok

Menggunakan catokan bukan hanya merusak batang rambut namun folikel rambut juga akan rusak. Hal ini terjadi karena folikel sudah enggak kuat untuk menahan akar rambut dan terjadi kerontokan.

4. Rambut Menjadi Kusam

Sebagai perempuan yang belum pernah mewarnai rambut dan hanya mencatok rambut, perubahan paling terlihat adalah rambut menjadi kusam. Minyak alami rambut yang mulai menghilang karena panasnya alat catokan membuat rambut menjadi kusam.

5. Pertumbuhan Rambut Melambat

Sering mencatok rambut menyebabkan rambutku lebih lambat pertumbuhannya. Panas dari alat catokan menyebabkan kutikula rambut rusak sehingga pertumbuhan rambut menjadi lambat.

Perubahan rambut yang semakin buruk semenjak sering mencatok membuat aku memutuskan untuk berhenti mencatok. Memang rambut yang cantik enggak bisa aku dapatkan tanpa mencatok, namun rambut yang rusak membuat kesehatan rambut memburuk.

Keinginan aku untuk mempunyai rambut panjang dan sehat jadi terhalang karena dampak dari mencatok rambut. Salah satu cara memulihkan rambut paling berdampak adalah berhenti catok rambut. Enggak bisa ditawar lagi dan aku harus berhenti catok rambut.

Sekarang aku mencoba untuk memulihkan keadaan rambut. Sampai ketemu di blog post aku selanjutnya untuk update cara memulihkan rambut yang rusak yaa.

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Hai, terima kasih telah membaca dan berkomentar di postingan ini.